Kamis, 22 Desember 2011

Maria Agnesi, Kontributor Wanita dalam Ilmu Kalkulus

Kalkulus adalah cabang ilmu matematika yang mencakup limit, turunan, integral, dan deret. Dalam perkembangannya, terdapat berbagai kontributor yang berperan dalam kalkulus sehingga dikatakan bahwa kalkulus adalah hasil perjuangan intelektual dramatik yang berlangsung selama 25 tahun. Salah satu kontributor wanita dalam ilmu kalkulus adalah Maria Agnesi. Siapakah Maria Agnesi?


Maria Agnesi lahir pada tanggal 16 Mei 1718 di Milan, Italia dan meninggal pada tanggal 9 Januari 1799. Ayahnya, Pietro, seorang profesor matematika dan berasal dari keluarga yang kaya.
Maria dianggap sebagai salah satu sarjana wanita terbaik dan matematikawan wanita yang paling pertama untuk zaman modern
Ayah Maria mengenalinya sebagai anak ajaib dan memastikan bahwa ia menerima pendidikan dari beberapa tutor terbaik. Dia bisa berbicara menggunakan bahasa Italia dan Prancis pada usia 5 tahun. Pada usia13 tahun, dia bisa berbahasa Yunani, Ibrani, Perancis, Spanyol, dan Latin. Ketika ibunya meninggal, Maria membuka dirinya untuk mendidik saudara laki-lakinya karena ia anak pertama. Sebagai hasil dari membimbing dan mengajar, ia mengembangkan sebuah tulisan untuk mereka yang terpublikasi sehingga membuatnya terkenal. Sampai sepuluh tahun akan diterbitkan, karya-karyanya masih bertahan walaupun dilakukan oleh seorang perempuan. Dua jilid tulisannya berisi 1000 halaman untuk SD dan Sekolah Lanjut. Jilid pertama fokus pada aritmatika, aljabar, trigonometri, geometri analitik dan kalkulus. Jilid dua fokus pada topik yang lebih lanjut:seri terbatas dan persamaan diferensial. Maria Agnesi juga menjadi profesor pertama matematika di sebuah universitas. Maria melanjutkan universitas sampai kematian ayahnya pada tahun 1752. Dia (Ayahnya) merupakan inspirasinya dalam mencari hal tentang matematika. Setelah ayahnya meninggal, ia meninggalkan matematika (mungkin dipertahankannya sebagai hobi) dan mengabdikan sisa hidupnya untuk orang miskin, gelandangan, dan orang sakit.

Kontribusi :
  • Menulis dan menerbitkan buku teks Kalkulus komprehensif pertama.
  • "witch of Agnesi" pemberian nama kurva oleh John Colson. John menamai kurva tersebut ketika ia 
    mengira kata (versiera) 'kurva' untuk kata yang mirip yang artinya "witch" (penyihir). Persamaan untuk kurva berbentuk lonceng diberi nama "witch of Agnesi" dan dapat ditemukan di beberapa buku teks.
  • 1738 dia menerbitkan Propositiones Philosophicae; serangkaian esai tentang filsafat dan ilmu alam.
  • Wanita pertama yang ditunjuk sebagai profesor di universitas.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;